ja_mageia

Kata-kata Bijak

Kejarlah cita-cita sebelum cinta, apabila tercapai cita-cita maka dengan sendirinya cinta itu akan hadir..
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Awal MA
Madrasah Aliyah Al-Muayyad PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh pes4n   
Jumat, 27 Februari 2009 03:17

               Pondok Pesantren Al-Muayyad dirintis tahun 1930 oleh Simbah KH. Abdul Mannan di atas tanah seluas ± 3.500 m² yang dijariyahkan oleh KH. Ahmad Shafawy di kampung Mangkuyudan Kelurahan Purwosari Kecamatan Laweyan Kodya Surakarta. Semula merupakan Pondok Pesantren dengan corak Tashawwuf, dalam arti pesantren dengan kegiatan utama pengamalan syari’at dan belum melakukan pendalaman ilmu-ilmu agama secara teratur. Titik beratnya melatih para santri dengan perilaku keagamaan. Pengajian diselenggarakan berkisar tentang akhlaq.

 Cita-cita untuk menyebarluaskan agama Islam sudah tertanam sejak simbah KH. Abdul Mannan masih nyantri pada Kyai Ahmad Kadirejo Karanganom Klaten bersama KH. Ahmad Shofawi. Hanya 7 tahun simbah KH. Abdul Mannan memimpin pesantren. Kepemimpinan pesantren diserahkan kepada putera beliau KH. Ahmad Umar Abdul Mannan, waku itu baru beliau baru berusia 21 tahun, sekembali beliau dari belajar di pesantren-pesantren : Krapyak ( Yogya ), Termas ( Pacitan ), Mojosari (Nganjuk). Mulailah Al-Muayyad sebagai sebuah Pondok Pesantren dengan kurikulum yang menitikberatkan pada pendalaman ilmu-ilmu agama Islam.
 
Sekalipun beberapa madrasah / sekolah kemudian menyusul didirikan, Al-Muayyad di kenal dengan Pesantren Al Qur’an. Hal ini dimungkinkan karena Pengajian Al Qur’an menjadi inti pengajaran hingga kini.
 
Nama Al-Muayyad diberikan oleh seorang ulama besar, Guru/Mursyid Thariqoh Naqsabandiyah yang bernama KH.M. Manshur, pendiri Pondok Pesantren Al-Manshur Popongan Tegalgondo Wonosari Klaten. Semula nama ini untuk masjid di komplek pondok, yang kemudian dipergunakan untuk semua lembaga dan badan dilingkungan Pondok Pesantren. Al-Muayyad dari kata “Ayyada” yang berarti menguatkan. Secara harfiah Al-Muayyad berarti sesuatu yang dikuatkan. Tafa’ul atau harapan yang tersirat didalamnya adalah Pondok Pesantren yang dikuatkan/didukung oleh Kaum Muslimin.
 
Untuk menghadapi tantangan zaman yang berkembang begitu pesat dan dituntut untuk berperan dalam masyarakat, dibutuhkan bukan Ilmu Agama saja namun dituntut pula dapat menguasai Ilmu Pengetahuan Umum. Untuk itulah pada tahun 1974 didirikan Madrasah Aliyah Al-Muayyad, dimana dengan didirikannya Madrasah ini diharapkan santri apabila keluar dari Pondok duharapkan tidak saja menguasai Ilmu Pengetahuan Agama namun dapat huga menguasai Ilmu Pengetahuan Umum.

Pada awal pendirian Madrasah Aliyah, Kepala Madrasah dipegang oleh beliau Drs. Hadi Muhtarom dari Tahun 1974 - 1981. Tahun 1981 Kepala Mardasah diserahkan kepada beliau bapak M. Nurhadi, BA sampai Tahun 2000. Tahun 2000 sampai sekarang diserahkan kepada belaiu bapak Drs. Masrokan. Awal berdirinya Madrasah masih menginduk kepada MAN I Surakarta. Kemudian tahun 1985 Madrasah Aliyah Al-Muayyad mengajukan Akreditasi untuk status Diakui, sehingga pelaksanaan EBTANAS dapat dillakukan di komplek Madrasah Aliyah Al-Muayyad sendiri.

Untuk lebih komplitnya, silahkan kunjungi tautan berikut, http://maalmuayyad.blogspot.com

 

 

LAST_UPDATED2
 

Dukungan

: Al-Muayyad
: Keuangan
: SMA
: MA
: SMP
: Kopontren

WhatsApp : 0898 999 6464
WeChat ID : Al-Muayyad
Pin BB       : 7604FADA

Online

Kami memiliki 8 Tamu online

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini215
mod_vvisit_counterKemarin333
mod_vvisit_counterMinggu ini548
mod_vvisit_counterBulan ini5479
mod_vvisit_counterTotal599553

Facebook