HUKUM MENCIUM MUSHAF*
*
*ูุณุชุญุจ ุชูุจูู ุงูู ุตุญู ูุฃู ุนูุฑู ุฉ ุจู ุฃุจู ุฌูู ุฑุถู ุงููู ุนูู ูุงู ููุนูู ูุจุงูููุงุณ ุนูู ุชูุจูู ุงูุญุฌุฑ ุงูุงุณูุฏ ุฐูุฑู ุจุนุถูู ููุฃูู ูุฏูู ู ู ุงููู ุชุนุงูู ูุดุฑุน ุชูุจููู ูู ุง ูุณุชุญุจ ุชูุจูู ุงูููุฏ ุงูุตุบูุฑ*
Disunahkan mencium mushaf karena sahabat โIkrimah Bin Abu Jahal ra melakukannya dan dengan diqiyaskan pada mencium Hajar Aswad dan karena mushaf adalah sumber hidayah dari Allah maka disyariatkan menciumnya seperti kesunahan mencium anak kecil.
ย
ย
Al-Itqaan Fii โUluum al-Quraan II/458
*ุฌ - ุชูููุจููู ุงููู ูุตูุญููู :*
*ุฐูููุฑู ุงููุญููููููููุฉู : ูููููู ุงููู ูุดููููุฑู ุนูููุฏู ุงููุญูููุงุจูููุฉู - ุฌูููุงุฒู ุชูููุจููู ุงููู ูุตูุญููู ุชูููุฑููู ูุง ูููู ุ ูููููู ุงููู ูุฐูููุจู ุนูููุฏู ุงููุญูููุงุจูููุฉู ุ ููุฑููููู ุนููู ุฃูุญูู ูุฏู ุงุณูุชูุญูุจูุงุจููู ุ ููู ูุง ุฑููููู ุนููู ุนูู ูุฑู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ุฃูููููู : ููุงูู ููุฃูุฎูุฐู ุงููู ูุตูุญููู ููู ุบูุฏูุงุฉู ููููููุจูููููู ุ ูููููููู : ุนูููุฏู ุฑูุจููู ููู ูููุดููุฑู ุฑูุจููู ุนูุฒูู ููุฌูู ุ ููููุงูู ุนูุซูู ูุงูู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู ููููุจููู ุงููู ูุตูุญููู ููููู ูุณูุญููู ุนูููู ููุฌููููู .*
Kalangan Hanafiyyah (pendapat ini juga mashur dikalangan Hanabilah) bolehnya mencium mushaf sebagai bentuk penghormatan padanya, pendapat ini yang dijadikan madzhab dikalangan Hanabilah bahkan diriwayatkan dari Imam Ahmad akan kesunahannya berdasarkan riwayat dari Umar ra โAdalah Umar setiap pagi mengambil mushaf dan menciumnya seraya berkata : Perjanjian dan surat dari Tuhanku โAzza wa Jallaโ
โAdalah Utsman ra mencium mushaf dan mengusapkan pada muka mukanyaโ
alMausuuahal-Fiqhiyyah XIII/133
Ibnu Hajar Al-Haitamy berkata:
*ููุงูู ุงููุจูุฌูููุฑูู ููู ููุงุณูุชูุฏูููู ุงูุณููุจูููููู ุนูููู ุฌูููุงุฒู ุชูููุจูููู ุงููู ูุตูุญููู ุจูุงููููููุงุณู ุนูููู ุชูููุจูููู ุงููุญูุฌูุฑู ุงููุฃูุณูููุฏูุ ููููุฏู ุงููุนูุงููู ู ููุงูุตููุงููุญู ููุงููููุงููุฏู ุฅุฐู ู ููู ุงููู ูุนููููู ู ุฃูููููู ุฃูููุถููู ู ูููููู ู*
โImam Al-Bujairimi berkata : Imam As-Subki berdalil untuk dibolehkannya mencium mushaf Al-Qurโan dengan diqiyaskan (dianalogikan) kepada mencium Hajar Aswad, tangan seorang alim, tangan orang salih, dan tangan orang tua. Karena telah dimaklumi, bahwa ia (Al-Qurโan) lebih utama dari mereka (Hajar Aswad, orang alim, orang sholih, dan orang tua).โ
Tuhfatul Muhtaj juz 1 hal 155