ja_mageia

Kata-kata Bijak

Kejarlah cita-cita sebelum cinta, apabila tercapai cita-cita maka dengan sendirinya cinta itu akan hadir..
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Awal Ngaji Bulan Rajab Mempunyai Keistimewaan Tersendiri
Bulan Rajab Mempunyai Keistimewaan Tersendiri
Ditulis oleh al-muayyad   
Senin, 13 Juli 2009 15:13

Setiap bulan itu baik, apabila diisi dengan perbuatan yang baik, dan setiap bulan akan menjadi bulan yang tidak baik apabila diisi dengan perbuatan yang tidak baik pula.

Allah SWT menjadikan bulan dalam satu tahun menjadi 12 bulan. Diantara 12 bulan tersebut ada 4 bulan yang dimuliakan Allah dan memiliki keistimewaan tersendiri. Dan diantaranya adalah bulan Rojab, sebagaimana Allah berfirman dalam Surat At-Yaubah ayat 36 ;

إن عدة الشهور عند الله اتنا عشر شهرا في كتاب الله يوم خلق السموات والأرض منها أربعة حرم

 (التوية :36)

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah diwaktu dia menciptakan langit dan bumi, diantara empat bulan haram.” (QS. At-Taubah : 36)

 

Dalam hadits muslim Rasulullah SAW, menerangkan bahwa empat bulan tersebut adalah Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharoh dan Rajab.

 

Adapun yang dimaksud bulan haram yaitu bulan yang terhormat, bulan yang dimulikan oleh Allah, harus saling hormat menghormati, tidak boleh berperang dan menganiaya, harus mewujudkan kedamaian karena bulan mulia.

 

Diriwayatkan :

عن أنس رضي الله عنه قال : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا دخل رجب قال :

Dari sahabat Annas RA : Bahwa Rasulullah SAW, apabila datang bulan rajab selalu berdoa :

 اللهم بارك لنا في رجب و شعبان وبلغنا رمضان

“Ya Allah berilah kami keberkahan pada bulan rajab dab bulan sya’ban , ( dan panjangkanlah umur kami agar bisa) sampai pada bulan Ramadlan”

 

 

Dalam suatu riwayat Nabi berdasarkan :

إن لله في أيام دهر كم لنفحات فتعرضوا  لها

“Sesungguhnya pada waktu-waktu kehidupanmu (pada hari-hari tertentu dan bulan-bulan tertentu) Allah memberikan keistimewaan tersendiri, maka railah waktu-waktu istimewa itu.”

 

Dan diantara waktu-waktu yang mempunyai keistimewaan tersendiri adalan bulan Rajab, sebagaimana Rasulullah SAW menerangkan diantara keistimewaan :

عن أبي أمامة رضي الله عنه قال : قال رسول الله  صلى الله عليه وسلم خمس ليال لا ترد فيهن الدعوة : أول ليلة من رجب وليلة النصف من الشعيان وليلة الجمعة وليلة الفطر وليلة النحر ( رواه اين عساكر وأخرجه السيوطي في الجامع )

“Dari sahabat Abi Umamah RA : rasulullah SAW bersabda : “Ada lima malam yang do’a tidak ditolak (oleh Allah SWT) : Malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya’ban, malam Jum’at, malam hari Raya ‘Idul Fitri, dan malam Hari Raya ‘Idul Adha.” (HR. Ibnu ‘Asakir, dikutip oleh Imam Suyuthi dalam kitab Al-Jaami’ush-shoghir)

 

Diantara keistimewaannya, Rosulullah SAW bersabda :

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن في الجنة نهرا يقال له رجب أشد بياضا من اللبن وأحلى من العسل من صام يوما من رجب سقاه الله من ذلك النهر . ( رواه البيهقي)

“Bersabda Rasulullah SAW : “ Sesungguhnya di surga ada sungai yang disebut dengan rajab (isinya) lebih putih dari pada susu, dan lebih manis dari pada madu. Barangsiapa yang berpuasa sunnah satu hari pada bulan Rajab akan diberi minum oleh Allah dari sungai tersebut.” (HR. Imam Baihaqi)

 

 

Adapun puasa sunnah pada bula Rajab banyak hadits-hadits Rasulullah SAW yang menganjurkan untuk melakukannya karena mempunyai nilai pahala ganda.

Dan bulan Rajab ada;lah bulan taubah, seorang ulama’ ahli hadits Al-Imam Muhammad bin Abdullah Al Jardani Rohimahullah menerangkan dalam kitab hadits Misbahud-dholam bahwa : “Diterangkan dalam kitab-kitab Allah yang terdahulu, orang yang menbaca :

رَبِّ  اغْفِرْ لِي   وَارْحَمْنِي  وَتُبْ  عَليَّ    ٧٠ ×

Dibaca 70 x setiap ba’da isya’ atau waktu pagi dan sore bulan Rajab,

لم تمس النار له جلرا

“Orang tersebut akan terhindar dari siksaan api neraka (dosa-dosanya diampuni oleh Allah)”

 

Dalam satu riwayat Rosulullah bersabda : “Barangsiapa membaca tasbih  dari tanggal 1 bulan rajab sampai 10 sebanyak 100 kali

ُسبْحانَ اْلحَيِّ اْلقَيُّوْمِ

Dan dari tanggal 11 sampai 20 rajab 100 kali

ُسبْحاَنَ اللهِِ اْلأحَد ِالصَّمَدِ

Serta dari tanggal 21 sampai akhir bulan Rajab 100 kali

 ُسبْحاَنَ اللهِِ الرَّؤُوْفِ

Orang yang membaca tasbih ini dengan cara begini, Rosulullah mengatakan ;

لم يصف الواصفون مايعطى من الثواب

(tidak dapat disifati dari banyaknya Allah memberikan pahala)

 

Semoga dengan kita semangat mendekatkan diri kepada Allah di bulan Rajab akan istiqomah kontinyu lestari terus berusaha mendekatkan diri kepada Allah sepanjang tahun. Amin…

Wallahu ‘alam bishowaab

 

By ; AkangZain

 

Dukungan

: Al-Muayyad
: Keuangan
: SMA
: MA
: SMP
: Kopontren

WhatsApp : 0898 999 6464
WeChat ID : Al-Muayyad
Pin BB       : 7604FADA

Online

Kami memiliki 8 Tamu online

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini197
mod_vvisit_counterKemarin280
mod_vvisit_counterMinggu ini825
mod_vvisit_counterBulan ini4616
mod_vvisit_counterTotal559894

Facebook